History

Logo RCB FMDengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, dunia menyediakan banyak kesempatan untuk maju, tetapi bagi negara-negara berkembang kesempatan itu belum bisa digunakan. Saat ini negara-negara maju telah melewati era industri dan era informasi, sedang negara-negara berkembang belum menjadi negara industri, namun harus dihadapkan pada era teknologi informasi dan komunikasi. Ini adalah suatu tantangan bagi negara berkembang, di satu sisi harus melaksanakan pembangunan tetapi di sisi lain harus mengejar ketertinggalan dengan negara-negara maju dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi. Dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dapat menghantarkan suatu negara menjadi negara yang mampu bersaing di era pasar bebas yang semakin kompetitif ini.

Radio merupakan salah satu bentuk media massa yang memiliki potensi cukup besar untuk berkomunikasi. Karena sifatnya audial didengarkan orang, sehingga lebih mudah untuk menyampaikan pesan dalam bentuk acara yang menarik. Penyajian hal yang menarik dalam rangkaian penyampaian suatu pesan sangat penting, karena publik sifatnya selektif dalam memilih banyak pilihan dari sekian banyak media komunikasi, begitu pula dengan acara dari sekian banyak media.

Hal inilah yang mengawali ide kami untuk ikut berpartisipasi dalam dunia radio media hiburan dan informasi untuk masyarakat di kota Pacitan. Saat itu, sekitar tahun 1999 belum terdapat satupun stasiun radio FM di Pacitan. Dengan berbekal kemampuan dan sumber daya yang masih sangat terbatas, RCB FM muncul sebagai radio yang pertama kali mengudara pada range frekuensi FM. Saat pertama kali kami mengudara, banyak tanggapan dan respon positif dari masyarakat, walaupun pada saat itu sumber daya dan kemampuan yang kami miliki sangat terbatas. Seiring berjalannya waktu dan perkembangan teknologi yang semakin pesat, kami mulai berbenah  dengan segala jerih payah, kerja keras dan kebersamaan kami untuk menjadi lebih baik. Sampai saat ini kami tetap berusaha untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat Pacitan dan sekitarnya. Dengan apresiasi dan dukungan dari semua pihak kami yakin RCB FM tetap menjadi radio terbaik di kota Pacitan.

Teknologi internet yang kini merambah di segala bidang juga tidak membuat kami ketinggalan. Dengan adanya fasilitas Radio Streaming, kini RCB FM dapat di dengarkan dari mana saja tanpa terbatas ruang dan waktu. Hanya dengan menggunakan perangkat komputer/laptop yang telah terhubung dengan internet, Anda bisa mendengarkan siaran kami dari manapun. Fasilitas ini juga mendapat tanggapan yang positif dari masyarakat Pacitan yang berada di perantauan. Mereka yang rindu kampung halaman, RCB FM dapat sedikit mengobati kerinduan mereka. Sudah lebih dari ratusan pendengar yang tersebar di kota-kota di seluruh Indonesia dan beberapa pendengar mancanegara memberikan apresiasi terhadap radio streaming ini.

Dengan dukungan dan doa dari masyarakat, kami akan selalu berusaha untuk mengutamakan kepuasan pendengar yang sangat membutuhkan sebuah radio yang mengedepankan hiburan positif di kota Pacitan.

Komentar